Rencana Maju Pilkada, Empat Pj Bupati Kalteng Mundur

Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, H. Nuryakin (Foto: MMC Kalteng)

, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov ) telah menerima berkas pengunduran diri dari empat Pejabat (Pj) Bupati yang berencana maju dalam Pemilihan Kepala Daerah () 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, , mengonfirmasi pengajuan pengunduran diri tersebut pada Selasa (16/7/2024).

Keempat Pj Bupati yang mengundurkan diri adalah Erlin Hardi dari Kabupaten Kapuas, Saiful dari , Lilis Suryani dari Kabupaten Lamandau, dan Kaspinor dari Kabupaten .

“Selanjutnya melaporkan ke Mendagri (soal pengajuan pengunduran diri Pj Kepala Daerah) dan mengusulkan nama-nama Pj pengganti,” ujar Nuryakin.

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, Edy Pratowo, menyatakan bahwa empat Pj Kepala Daerah di Kalteng telah berkonsultasi mengenai pengunduran diri mereka untuk maju dalam Pilkada 2024.

“Yang hari ini berkonsultasi ada empat, hasil komunikasi dengan BKD kemarin. Yang pasti ada empat kabupaten yang telah menyatakan niat untuk mengundurkan diri sebagai Pj,” ujarnya kepada awak media usai menghadiri rapat paripurna di ruangan rapat paripurna , Selasa (16/7/2024).

Edy Pratowo juga menyebutkan bahwa keempat Pj Kepala Daerah yang telah menyatakan pengunduran diri tersebut adalah Erlin Hardi dari Kabupaten Kapuas, Saiful dari Kabupaten Katingan, Lilis Suryani dari Kabupaten Lamandau, dan Kaspinor dari Kabupaten Sukamara.

Dengan diterimanya pengunduran diri ini, Pemprov Kalteng akan segera mengajukan laporan resmi ke Mendagri serta menyiapkan nama-nama pengganti untuk mengisi posisi Pj Bupati yang ditinggalkan. (asp)