Disnakertrans Kalteng Gelar Rakornis Ketenagakerjaan dan Transmigrasi

WhatsApp Image 2023 02 23 at 8.28.35 AM

, – Pemprov melalui Dinas Tenaga Kerja dan (Disnakertrans) Provinsi Kalteng menggelar rapat koordinasi teknis (Rakornis) Bidang dan Ketransmigrasian se-Kalteng tahun 2023 di Ballroom Hotel Luwansa Palangka Raya.

Kegiatan rakornis tersebut dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalteng yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kalteng, Sri Suwanto, Rabu (22/2/2023) malam.

Dalam kesempatan itu, Sri mengucapkan, Gubernur sangat mengapresiasi atas diadakannya kegiatan rakornis, yang mengusung tema Sinergitas Pembangunan Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian Demi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Mewujudkan Kalteng Makin Berkah ini.

“Esensi tema ini menuntut agar kinerja pelaksanaan program maupun kegiatan dapat optimal dan akuntabel serta dilakukan secara bersama-sama dan koordinatif antara Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah, sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud dalam Kalteng Berakhlak Penuh Keberkahan,” sambungnya.

Sri Suwanto membeberkan, pelaksanaan program transmigrasi di Kalteng telah memberikan kontribusi yang nyata, yakni dengan terbukanya keterisolasian daerah pinggiran dan mampu mendorong percepatan pembangunan daerah, memberikan andil dalam pemekaran Kecamatan dan bahkan Kabupaten, mendukung ketahanan daerah, serta mempererat persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Saya harapkan kepada Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota agar menyiapkan SDM yang kompeten dan mengondisikan hubungan industrial yang harmonis serta juga mengembangkan potensi sumber daya lokal sampai tingkat desa menjadi potensi ekonomi kreatif dan produktif guna mendorong perluasan kesempatan kerja. Untuk itu, BLK dan LLK harus dikembangkan untuk merespon dinamika yang berkembang saat ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalteng, Farid Wajdi menjelaskan, rakornis ini bertujuan untuk menyampaikan program dan tahun 2023 kepada seluruh unit satuan kerja. Selain itu dalam rangka untuk menyamakan persepsi, sinergitas dan sinkronisasi pelaksanaan program bidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian tahun 2023.

“Rakornis ini juga dalam rangka menyatukan persepsi pemahaman program prioritas untuk usulan dekonsentrasi dan tugas pembantuan provinsi dan kabupaten/kota untuk tahun 2024 melalui aplikasi SIPD, yang dilaksanakan sejak tanggal 22 sampai 24 Februari 2023,” tandasnya. (asp)