Inilah Syarat dan Ketentuan Pendaftaran CPNS 2019 yang Harus Disiapkan

MULAI 11 November nanti, Pemerintah telah menjadwalkan akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (). Ada 152.250 formasi yang tersebar di 68 kementerian/lembaga (K/L) dan 462 pemerintah daerah (Pemda).

“pendaftaran CPNS akan dibuka pada 11 hingga 24 November 2019 secara online melalui portal https://sscasn.bkn.go.id,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana.

Setiap peserta, jelas , hanya bisa mendaftar pada satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda.

Lebih lanjut dia mengingatkan agar para pelamar bisa menyiapkan semua dokumen persyaratan dengan sebaik-baiknya, seperti can Kartu Tanda Penduduk (KTP), pas foto dan swafoto, serta ijazah serta transkrip untuk memastikan jurusan pelamar sesuai dengan formasi yang dituju.

“Pastikan Nomor Induk (NIK) valid di Ditjen Dukcapil . Hati-hati saat mendaftar, karena NIK hanya bisa digunakan satu kali untuk satu jabatan dan satu formasi,” kata Bima Haria seperti dikutip dari laman Setkab.

Bima Haria mengharapkan para pelamar terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang akan tertuang pada portal SSCASN. Jika ditemukan kesulitan, pelamar dapat mempelajari informasi yang tertuang pada kanal Frequently Asked Question (FAQ) yang menyediakan jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala pelamar.

“Jikapun FAQ tidak dapat memberikan jawaban atas persoalan pendaftaran, BKN menyediakan kanal helpdesk daring dalam portal yang dapat dijadikan sebagai media pengaduan,” jelas Bima Haria seraya menambahkan, dalam kanal tersebut akan tertuang sejumlah tahapan pengaduan yang dapat dilakukan pelamar untuk kemudian disampaikan solusinya oleh petugas helpdesk daring.

Pengumuman hasil seleksi administrasi pendaftaran akan dilaksanakan pada 16 Desember 2019. Kemudian disusul dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan dilaksanakan pada awal Februari 2020, dan hasilnya akan menjadi dasar pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan pada awal Maret 2020.

Lebih lanjut dia menyebutkan, ada dua jenis formasi yang dibuka pada penerimaan CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus, meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra-putri , dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada Instansi Pusat.

“Sedangkan formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, , dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya,” kata Bima.

Dia juga menambahkan, pada rekrutmen CPNS kali ini peserta seleksi yang tak lolos seleksi administrasi akan diberikan kesempatan untuk mengajukan keberatan pada masa sanggah.

“Masa sanggah akan digelar selama 3 hari dan dibuka pasca proses pendaftaran selesai, yakni pada 16 Desember 2019. 16 Desember nanti diumumkan, siapa yang berhak ikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Yang tidak lulus punya waktu menyanggah, masa sanggah 3 hari dari 16-19 Desember,” ujar dia.

Bila sanggahan yang dikirimkan peserta diterima oleh tim Panitia Seleksi (Panselnas) CPNS 2019, maka itu akan diumumkan pada 26 Desember. “Pada 26 Desember, apabila sanggahan diterima maka akan diumumkan. Di 26 Desember itu akan diumumkan sanggahan-sanggahan mana saja yang diterima pansel. Proses cepat ini sudah sama kayak pengadaan barang dan jasa,” tuturnya. (ari)