Pemkab Gumas Peringati Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-78

Whatsapp Image 2023 12 04 At 5.27.01 Pm
Bupati Gumas Jaya Samaya Monong, Sekda Richard, Kepala DPU Baryen, Sekretaris DPU Bambang Jaya, berfoto bersama dengan para pegawai dan petugas kebersihan, usai acara apel peringatan hari bakti pekerjaan umum ke-78, di halaman kantor DPU setempat, Senin (4/12/2023)

BALANGANEWS, melaksanakan apel dan ramah tamah, dalam rangka peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-78, dengan tema Sigap Berjuang Bersama Membangun .

”Melalui peringatan hari bakti Pekerjaan Umum ke-78 merupakan momentum untuk meningkatkan nilai serta semangat untuk menjaga kekompakkan, disiplin, militansi dan pengabdian,” ujar Bupati Gumas, Jaya S Monong, Senin (4/12/2023).

Dia menuturkan, upaya membangun infrastruktur tidak lahir sesaat saja, tetapi merupakan buah dari kerja keras dan perbaikan menerus. Dengan demikian, infrastruktur yang terbangun berkualitas baik, berestetika tinggi, serta ramah lingkungan serta keberlanjutan.

”Melalui kekompakkan dan kerjasama tim, kita menerobos berbagai halangan untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas dan terus melayani masyarakat dengan infrastruktur yang dibangun dan pelihara,” terangnya.

Selama tahun 2023, DPU melakukan fungsi dan penugasan untuk mendukung program tiga smart yakni smart agro, smart tourism dan smart human resources, melalui pembangunan pilar infrastruktur berkualitas baik dan berkelanjutan.

”Fungsi ini dilakukan melalui pembangunan, rehab, peningkatan jalan maupun jembatan, serta penanggulangan dan penanganan keadaan darurat baik akibat bencana alam maupun akibat lain, yang menunjang konektivitas wilayah dan membantu akses daerah yang dilakukan melalui bidang bina marga,” tuturnya.

Selanjutnya bidang cipta karya, melakukan kegiatan pembangunan bangunan gedung dan penataan lingkungan, serta pembangunan fasilitas dan rumah ibadah untuk memberikan layanan kepada masyarakat dan peningkatan akses untuk air minum dan pengolahan air dengan pembangunan kapasitas 20-25 liter per detik pada PDAM di Kota Kuala Kurun.

”Untuk menunjang smart agro melalui penyediaan air untuk bidang sumber daya air melakukan kegiatan di Sakata , Sakata Juri, dan Daerah Irigasi Gohong Rawai maupun Daerah Rawa Hambuyung,” jelasnya.

Lalu bidang perumahan dan kawasan permukiman, menangani peningkatan kualitas rumah tidak layak huni dan peningkatan kualitas jalan lingkungan permukiman beberapa kecamatan, serta penanganan PJU dan pemeliharaan taman dalam Kota Kuala Kurun.

”Untuk mendukung smart human resources telah dilakukan pelatihan maupun sertifikasi tenaga teknis konstruksi serta pengawasan tertib usaha dan penyiapan data komponen pekerjaan konstruksi pada bidang jasa konstruksi,” tegasnya.

Untuk menjamin pengunaan ruang yang terencana dan sesuai peruntukkan melalui pada bidang tata ruang, tambah dia, dilakukan kegiatan bantuan teknis penyusunan RDTR wilayah perkotaan yang difasilitasi . Selain itu, juga secara rutin melaksanakan pengawasan dan penertiban penggunaan ruang melalui tim terpadu pengawasan ruang. (ahs)