KPU Gelar Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemilu

Suasana rapat evaluasi kinerja penyelenggaraan pemilu yang digelar KPU bersama badan ad hoc pemilu tahun 2024, Rabu (3/4/2024).

, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gumas menggelar rapat evaluasi kinerja penyelenggaraan tahun 2024 bersama badan ad hoc pemilu tahun 2024, Bawaslu, kepolisian dan .

”Evaluasi kinerja ini untuk mengetahui hambatan dan kekurangan pada , sehingga bisa menjadi bahan perbaikan untuk memaksimalkan tahapan ,” ujar Ketua KPU Kabupaten Gumas Elfrinst Gunandry Tumon, Rabu (3/4/2024).

Seluruh tahapan dan proses pemilu tahun 2024 di Kabupaten Gumas berjalan dengan aman, damai dan tertib. Dari hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara, semua Caleg di kabupaten menerima hasilnya, dan tidak ada yang mengajukan gugatan.

”Setelah libur hari raya idulfitri 1445 hijriah, kami akan menetapkan perolehan kursi di DPRD dan penetapan Caleg kabupaten yang terpilih,” jelasnya.

Dia menuturkan, pemilu yang berjalan aman dan lancar di Kabupaten Gumas membuktikan bahwa capaian kinerja dari badan ad hoc sudah sesuai dengan ketentuan. Salah satu capaiannya yakni tidak ada dilakukan pemungutan suara ulang.

”Atas pencapaian itu, kami berterima kasih kepada badan ad hoc baik itu PPK, PPS, hingga KPPS yang telah bekerja keras selama tahapan pemilu,” terangnya.

Dia juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam menyukseskan pemilu tahun 2024, dengan datang mencoblos ke TPS. Tercatat, partisipasi pemilih pada pemilu tahun 2024 mencapai 78,58 persen.

”Memang partisipasi pemilih ini tidak mencapai target yakni 80 persen. Namun yang patut disyukuri adalah paling tidak persentase partisipasi pemilih itu telah mendekati target,” pungkasnya. (ahs)