Gubernur Kalteng Dukung Pengembangan Kakao di Murung Raya

, – Gubernur Kalimantan Tengah (), H. , mengunjungi di , Kabupaten , pada Jumat (11/10/2024). Dalam kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan dukungannya terhadap pengembangan kakao sebagai salah satu produk unggulan di Kalteng.

“Ini merupakan suatu peluang bagi kita. Apabila kebun karet sudah tidak menguntungkan lagi bagi Kalimantan Tengah, maka kita bisa menggantinya dengan kebun kakao,” ujarnya.

Kebun kakao yang dikunjungi Gubernur merupakan milik seorang warga bernama Bana. Gubernur Sugianto juga menekankan pentingnya daerah aliran sungai (DAS) Barito sebagai lokasi strategis untuk pengembangan komoditas kakao, jagung, dan ternak.

“Saya dukung DAS Barito menjadi daerah pengembangan komoditas kakao, jagung, dan juga ternak,” sebutnya.

Di sisi lain, Bana mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Gubernur atas berbagai bantuan yang telah diberikan.

“Semoga Gubernur Kalimantan Tengah selalu sehat, dan mudah-mudahan kakao di Kalimantan Tengah bertambah berkah,” pungkasnya.

Sebagai bentuk dukungan konkret, Gubernur Sugianto Sabran memberikan bantuan modal sebesar 200 juta rupiah kepada Bana, yang akan disalurkan secara bertahap untuk penanaman dan pemeliharaan kebun kakao seluas 5 hektar.

Dengan dukungan tersebut, diharapkan sektor kakao di Kalteng dapat berkembang dan memberikan manfaat lebih bagi para petani. (asp)