Pengawasan Terhadap Perencanaan Penganggaran Responsive Gender

WhatsApp Image 2023 09 06 at 6.16.37 PM

, – Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah () melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Terhadap Perencanaan Penganggaran Responsive Gender (PPRG) di Inspektorat Daerah Provinsi Kalteng, Senin (4/9/2023).

Pelaksanaan Bimtek bertujuan untuk mengevaluasi apakah dokumen perencanaan dan penganggaran yang disusun oleh di lingkungan telah mengakomodasi keadilan bagi perempuan dan laki-laki dalam memperoleh akses, manfaat, kesetaraan, kesempatan dan peluang untuk menikmati hasil pembangunan.

Inspektur Daerah Provinsi Kalteng, Saring mengatakan, pengarusutamaan gender (PUG) merupakan strategi untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam aspek kehidupan manusia melalui proses penyusunan kebijakan dan program kegiatan yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, serta permasalahan perempuan dan laki-laki.

“Isu gender merupakan salah satu isu utama yang harus menjadi perhatian kita bersama. Selain itu, akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat atas program pembangunan yang dilakukan pemerintah untuk menyejahterakan masyarakatnya harus dapat dirasakan oleh segala lapisan, baik laki-laki maupun perempuan,” ucapnya.

Sebagai informasi, di dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023, menyebutkan bahwa pemerintah daerah mengalokasikan anggaran pengawasan sesuai dengan kewenangannya ke dalam untuk mendanai program, kegiatan dan sub kegiatan pembinaan dan pengawasan, yang salah satunya terkait pengawasan perencanaan dan penganggaran yang berbasis gender.

Pembangunan yang responsif gender tentunya tidak akan terwujud jika tidak diawali dari proses perencanaan dan penyusunan anggaran yang responsif gender.

“Proses perencanaan dan penganggaran yang responsif gender harus dapat kita pahami dan menjadi perhatian kita bersama, sebagaimana pedoman yang telah diterbitkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia,” imbuhnya. (asp)