Pelatihan Berhitung Metode Gasing Berlanjut untuk Angkatan Kedua

berhitung
Bupati Gumas Jaya Samaya Monong bersama peserta didik SD saat berhitung dengan menggunakan metode gasing, di Gedung Christian Center Kuala Kurun, Rabu (10/5/2023) malam

, – Pelatihan berhitung menggunakan metode gampang, asyik, menyenangkan (gasing) tahun 2023 angkatan pertama, yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang bekerjasama dengan Yayasan Indonesia Jaya bersama dengan Prof Yohanes Surya telah resmi ditutup.

“Pelatihan berhitung dengan menggunakan metode gasing ini sudah digelar sejak 3-18 April, dilanjutkan lagi 5-10 Mei. Nanti akan berlanjut untuk angkatan kedua pada 12 Mei tahun 2023,” kata Bupati Gumas Jaya Samaya Monong, Rabu (10/5/2023) malam.

Dia menuturkan, berhitung dengan metode gasing merupakan pembelajaran yang membuat anak menguasai materi secara gampang, asyik, dan menyenangkan. Kunci metode ini adalah proses yang disusun sedemikian rupa sehingga menguasai materi, dibangun dengan pemahaman materi sebelumnya.

“Dalam pembelajaran metode gasing, anak diajak bermain dan bereksplorasi dengan alat peraga, sehingga terasa dan terbayang konsep yang ingin disampaikan,” tuturnya.

Beberapa hal yang diperhatikan dinas , kepemudaan, dan (Disdikpora) setempat pasca program berhitung menggunakan metode gasing, yakni mempersiapkan kembali angkatan kedua, dan membuat jadwal pengimbasan dan penyebarluasan program gasing di 11 kecamatan lain, sehingga diharapkan sampai Bulan Agustus 2023 semua sekolah sudah dilatih program gasing.

Terpisah, Plt Kepala Disdikpora Kabupaten Gumas mengatakan, angkatan kedua pelatihan metode gasing akan dimulai 12-30 Mei tahun 2023 di Gedung Christian Center Kuala Kurun, dan akan ada guru dari angkatan pertama yang diambil untuk ikut mengajar di angkatan kedua.

“Untuk angkatan kedua, akan ada 66 orang guru serta 132 peserta didik yang dilatih, terdiri dari 33 guru SMP dan SD, serta 66 peserta didik SD dan 66 peserta didik SMP,” ujarnya.

Pasca kegiatan angkatan pertama, tambah dia, ada 98 guru dan 230 peserta didik yang sudah dilatih metode gasing. Nanti akan ada dari anak-anak yang sudah dilatih tersebut. (ahs)