Pemprov Kalteng Gelar Rakor Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Whatsapp Image 2023 10 25 At 11.39.06 Am

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA Kalteng melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2023, di Aula Kalteng, Rabu (25/10/2023).

Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, mengatakan, Pemprov Kalteng telah mengeluarkan Peraturan Gubernur tentang Tim Koordinasi Daerah Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018-2021.

Laporan Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) Tahun 2018-2021 tersebut kata Yuas sudah dilaporkan.

“Sekarang Kalimantan Tengah masih mempunyai kewajiban untuk menyusun dokumen dan melaporkan Rencana Aksi Daerah sebagai komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah periode Tahun 2021-2026, untuk itu kita harus bergegas, karena tahun 2024 ini merupakan tahun terakhir atau bisa dikatakan deadline dalam penyelesaiannya,” ucapnya.

Yuas menyampaikan, ada enam Prioritas Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah yang mempunyai Keterkaitan TPB/SDGs, yaitu pertama meningkatkan pembangunan infrastruktur Mendukung Penanganan Pembangunan Ekonomi untuk Kalteng Bermartabat.

Kedua, mengembangkan konektivitas destinasi pariwisata, pengembangan ekonomi hijau dan sertifikat masyarakat untuk Kalteng Elok. Ketiga, pengembangan rumah ibadah, institusi Pendidikan dan komunitas adat, memperluas pengiriman tokoh-tokoh lintas agama dan meningkatkan insentif khusus bagi guru-guru Sekolah Keagamaan untuk Kalteng Religius.

Keempat, mempercepat pengembangan Kawasan Industri, Ekonomi dan , Mempercepat pemulihan ekonomi, Peningkatan Koperasi dan , Peningkatan Pendidikan dan peningkatan Kesehatan Masyarakat untuk Kalteng Kuat.

Kelima, mengoptimalkan penerapan e-government, Peningkatan SDM aparatur birokrasi, keterbukaan kompetensi Kalangan professional dan Peningkatan Intensif Aparatur untuk Kalteng Amanah. Keenam, memperkuat falsafah Huma Betang, menerbitkan peraturan dan adat dan Memperkuat kelembagaan adat untuk Kalteng Harmoni.

“Saya berharap semoga kegiatan ini, menjadi momentum bagi kita semua dalam menyamakan persepsi, menyatukan gerak dan langkah, serta dapat meningkatkan sinergitas dan penyelarasan tata laksana program bagi seluruh OPD yang tergabung dalam Tim Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Leonard S Ampung menjelaskan, rakor tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pandangan lintas OPD dalam melaksanakan semua kegiatan yang berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, serta dapat menjalankan fungsi yang melekat pada Dinas masing-masing.

Meningkatkan sinergitas lintas OPD dan Kapasitas Tim Penyusun RAD SDGs Provinsi dan Forum CSR Kalimantan Tengah.

Menyusun Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) periode 2021-2026. Merevisi Tim Penyusunan Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Sustainable Development Goals (TPB/SDGs).

“Sementara keluaran dari kegiatan ini nanti memuat pembahasan perkembangan pelaksanaan SDGs di Indonesia dan Kalteng, pemahaman mekanisme penyusunan RAD SDGs, penentuan target SDGs daerah Kalteng dan rencana tindak lanjut Penyusunan RAD SDGs Kalteng periode 2021-2026,” tandasnya. (asp)